Thursday, May 26, 2011

satu menit


Cerpen (SATU MENIT)
Ada 3 orang sahabat karib yang sudah lama sekali berteman. Mereka berteman sejak kecil dan selalu bermain bersama dan hidup dengan berkelimpahan. Ketika masa sekolah dasar selesai, mereka bertiga dipisahkan karena harus masuk ke sekolah SMP ditempat yang telah di tentukan oleh orang tua mereka masing-masing. Seketika itu juga mereka terpisah tanpa komunikasi. Ketiga sahabat ini bernama Olivia, Jesselyn, dan Nathalie.

Tanpa mereka sadari, saat menduduki bangku kuliah mereka kembali diketemukan.
”Kelihatannya muka kamu tidak asing lagi buat aku..” kata Olivia kepada Nathalie. Tapi dengan sikap Nathalie yang dingin dan cuek, Olivia sedikit mengurungkan niatnya untuk berkenalan dan mencaritahu siapa sebenarnya Nathalie tersebut.

Disisi lain, Jesselyn sedang asik bercanda dengan teman barunya saat sedang makan siang. Nathalie yang bersikap dingin dan cuek mendengar teriakan tawa dari Jesselyn yang sangat familiar.

”Woi..!!! Berisik banget sih??!!” bentak Nathalie yang tidak suka banget sama yang namanya keributan dengan sikap tomboynya sekali melabrak Jesselyn. ”Kamu sapa? Beraninya bentak-bentak aku?” Jesselyn tidak mau kalah dengan lenghelakan rambut panjangnya yang indah berkilau.

”Sudah-sudah ga usah bertengkar,” sahut Olivia. ”Lhoo..kok kayanya aku pernah kenal kamu ya?” Jesselyn mengalihkan pembicaraan, ”kayanya kita pernah ketemu deh”. ”Eh, iya..aku juga kayanya kenal km? Kamu....???”sambung Olivia” Olivia??????Jesselyn???”sambar Nathalie.

Akhirnya mereka dipertemukan kembali di masa remaja mereka. ”wah, ga nyangka bisa ketemu lagi disini setelah belasan tahun terpisah, tapi kamu Nat sombong kali”kata Olivia. ”haha..ya gak bermaksud kaya gitu. Kan kamu sudah tau aku dari kecil gimana?” sahut Nathalie.

Sepanjang kuliah mereka bertiga kembali bersahabat dengan baik dan tali persahabatan yang mereka bubuh sejak kecil sudah seperti tali persaudaraan yang sangat kental. Seiring berjalannya waktu terjadilah konflik diantara mereka bertiga.

Sudahlah saya bosan berteman dengan mereka, toh mereka tidak pernah berbagi suka dan dukanya lagi terhadap saya..... pikiran Nathalie telah dikacaukan dengan keadaan yang sangat mendesak hatinya. Seketika itu juga persahabatan yang telah terjalin sejak kecil, hancur dalam 1 menit saja.

”Kenapa ya Nat2 gak pernah sama kita lagi?” curhat Olivia. ”Aku juga kurang tahu, mungkin dia lagi ada masalah atau apalah yang buat dia lebih diam sama kita” jawab Jesselyn.
”Kayanya nda mungkin juga, apa kita yang ada salah sama dia?” pembicaraan berlanjut oleh Olivia. ”hmm...nda tau juga ya, sudahlah biarin saja, nanti juga baik-baik sendiri” pembicaraan di akhiri.

”Sorry ya teman-teman, aku sudah terlalu diam sama kalian. Apa yang aku rasakan saat ini terlalu sakit. Aku merasa kalian tidak pernah terbuka lagi sama aku, tidak pernah berbagi suka dan duka sama aku, aku kecewa kenapa sebagai seorang sahabat aku tidak dihargai di sisi kalian. Tapi aku tau, aku juga salah sama kalian karena aku tidak langsung membicarakan hal ini sampai akhirnya masalah ini jadi berkepanjangan. Semoga dengan adanya surat ini kalian mengerti bagaimana sebenarnya perasaan yang ada di dalam diri aku. Semoga kalian mengerti dan tidak ada yang tersinggung. Sekali lagi aku minta maaf.


Salam,

Nathalie”


Semenjak Olivia dan Jesselyn menerima surat itu, mereka langsung berpikir untuk membicarakan masalah ini bertiga setelah pulang kuliah.
”Nat, aku sudah baca surat dari kamu. Kita ngerti apa yang kamu rasakan. Kita di sini juga ingin minta maaf sama kamu karena sudah terlalu banyak menyembunyikan hal-hal yang seharusnya kamu ketahui juga. Karena sebenarnya kita adalah sahabat dan tidak boleh ada yang di tutupi.” jelas Olivia
”iya, tidak apa-apa kok. Aku juga minta maaf atas semua perlakuanku ke kalian berdua” sahut Nathalie
”So...bagaimana?? kita bisa berteman lagi ??” samber Jesselyn
”tentu...^_^” kata Nathalie
Akhirnya mereka bertiga kembali bersahabat dalam 1 menit dan saling memberikan pelukan hangat.

PESAN MORAL :
PERSAHABATAN ADALAH HAL YANG TERINDAH YANG PERLU KITA PUPUK DAN KITA PELIHARA UNTUK SELAMANYA. JIKA TERJADI KONFLIK DENGAN SAHABAT, SEBAIKNYA UNGKAPKAN SEMUANYA SEBELUM SEMUANYA ITU TERLAMBAT

No comments:

Post a Comment